Habis Lebaran Nggak Boleh Makan Petai dan Jengkol

LEBARAN tiga tahun lalu. Saya menderita sakit pinggang yang lumayan menyiksa. Gara-garanya waktu itu saya makan bakar ayam kampung, sambal terasi, dan petai mentah, di rumah mertua. Waktu itu saya nggak kepikiran kalau makan petai, bakal menyebabkan sakit pinggang.

Berangkat dari pengalaman. Lebaran berikutnya saya sudah wanti-wanti kalau disuguhin lagi petai sama mertua jangan dimakan. Takutnya sakit pinggang saya kambuh. Tapi yang namanya petai godaannya sangat kuat. Walau pun sudah berusaha menghindar. Tetep saja saya nyicipin sedikit.

Habis-Lebaran-Nggak-Boleh-Makan-Petai-dan-Jengkol.jpg

Terus gimana reaksinya. Sudah bisa ditebak. Sakit pinggang saya kumat. Sama seperti lebaran sebelumnya, gara-gara menderita sakit pinggang, saya nggak bisa tidur selama 2 minggu. Dari situ saya benar-benar kapok. Saya ngasih peringatan keras ke diri sendiri. Habis lebaran nggak boleh makan petai lagi.

Lebaran tahun lalu, saya nggak makan petai. Aman pokoknya. Di rumah mertua saya makan makanan biasa. Sampai saya pulang pun saya nggak pernah merasakan nyeri. Cuma, ada tapinya nih, di rumah orang tua saya makan ikan asin, sambal, dan jengkol. Habis makan jengkol, pinggang saya langsung sakit lagi.

Habis-Lebaran-Nggak-Boleh-Makan-Petai-dan-Jengkol.jpg

Saya pikir, yang bikin sakit pinggang itu petai doang. Ternyata jengkol juga. Saya benar-benar kecele. Saya harus ngasih peringatan keras lagi ke diri sendiri. Habis lebaran jangan makan petai dan jengkol. Saya sendiri bingung, di bulan-bulan yang lain kalau makan petai dan jengkol nggak pernah merasakan sakit pinggang.

Lebaran tahun ini, alhamdulillah, saya aman dari godaan petai dan jengkol. Di rumah orang tua dan mertua nggak ada petai dan jengkol. Jadi saya bisa terhindar dari yang namanya penyakit sakit pinggang. Cuma, ada tapinya lagi nih, sekarang saya sedang menderita panas dalam. Sejak tadi malam gigi saya terasa nyut-nyutan.

Setiap lebaran selalu saja ada drama. Nggak sakit pinggang, sakit panas dalam. Ada-ada saja. Asupan makanannya mungkin harus dijaga. Nggak boleh banyak makan yang pedas-pedas. Makan dan minumnya harus seimbang. Habis puasa sebulan, kondisi usus dan lambungnya harus adaptasi lagi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url