Saat Menjalankan Ibadah Puasa, Kita Nggak Boleh Kebanyakan Makan

MAU beli bakso nggak ada. Terpaksa pulang lagi. Nyampe rumah. Bala-bala sisa buka puasa masih ada empat biji. Plus es campur satu mangkuk masih utuh. Yang tadinya pengen makan bakso. Bakso langganan waktu saya kecil. Jadinya malah makan bala-bala dan es campur.

Untuk es campur. Meski isinya banyakan potongan buah nanas ketimbang tomat, agar-agar, kolang kaling dan buah naga. Tapi tidak terasa masam. Disantap malam-malam rasanya benar-benar manis dan segar. Beda dengan bala-bala. Gorengan favourit pas buka puasa itu, kalau sudah dingin rasanya terasa hambar.

Saat-Menjalankan-Ibadah-Puasa-Kita-Nggak-Boleh-Kebanyakan-Makan.jpg

Selama puasa, saya tidur paling cepat jam 11 malam. Itu juga bisa dihitung dengan jari. Paling dua atau tiga hari. Seringnya saya tidur kalau sudah larut. Sekitar jam 12 atau jam 1 malam. Besoknya, saya bangun jam 3 atau setengah 4. Sampai hari ini, bangun kesiangan jam 4 baru 1 kali. Gara-garanya perut kekenyangan.

Hari ini, kesiangan sih nggak. Saya bangun jam 4 kurang. Untuk makan sahur sambil nonton youtube, waktunya masih cukup. Sholat tahajud juga masih sempat. Ibadah yang satu itu nggak boleh ketinggalan. Walau pun hukumnya sunat, sholat tahajud wajib saya kerjakan. Dari dulu sampai sekarang, alhamdulillah, belum pernah kelewat.

Saat-Menjalankan-Ibadah-Puasa-Kita-Nggak-Boleh-Kebanyakan-Makan.jpg

Yang jadi masalah, gara-gara minum es campur dan makan bala-bala 4 biji. Perut saya terasa begah. Baru hari ini saya malas makan sahur. Padahal lauknya tidak jelek-jelek amat. Ada sayur sop dan oseng ikan mujair buatan istri. Tapi tetap tidak menggugah selera. Sampai jam 4 lebih, bukannya ambil nasi, saya malah asyik nonton podcast.

Beres makan, itu juga dipaksa-paksain, takut nanti siang tubuh jadi lemas, saya langsung bikin artikel. Saya buat kesimpulan. Saat menjalankan ibadah puasa. Kita nggak boleh kebanyakan makan. Asupan makanan yang masuk ke dalam perut harus kita atur. Harus kita jaga. Kalau perut kita kekenyangan efeknya bisa ke mana-mana.

Sudah banyak tayangan, artikel, jurnal, dakwah, konten, buku, yang membahas manfaat, kelebihan, dan keutamaan berpuasa. Sebagai umat muslim tugas kita tinggal melaksanakannya saja. Kalau kita taat akan perintahNya. Kebaikan akan kembali kepada kita. Kalau menolak, kejelekan akan menghampiri kita.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url