Bikin Desain Promosi Sendiri, Lebih Kreatif Dan Hemat Anggaran

UNTUK mempromosikan produk atau jasa yang kita jual ke masyarakat kita butuh yang namanya alat promosi. Di bisnis online alat promosi tersebut biasanya dalam bentuk poster, banner, instagram feed, facebook feed, logo, flyer, pattern, foto profil, foto sampul, foto thumbnail, header blog, header website, atau bisa juga dalam bentuk video baik itu video live streaming, webinar, atau video presentasi (slide show).

Media-media promosi yang saya sebutkan tadi desainnya dibuat menggunakan software atau aplikasi pengolah gambar. Ada banyak sekali software yang bisa kita gunakan. Yang paling umum dan sering dipakai oleh banyak orang adalah photoshop, illustrator, power point, corel draw, camtasia, kinemaster, dan filmora. Bisa mengoprasikan satu atau dua aplikasi yang saya sebutkan di atas menurut saya sudah cukup. Apalagi kalau bisa menguasai semuanya, itu lebih baik.

Bikin-Desain-Promosi-Sendiri-Lebih-Kreatif-Dan-Hemat-Anggaran.jpg

Bagaimana kalau kita tidak bisa? Teman-teman gaptek misalnya. Dari dulu tidak suka menggambar. Teman-teman tidak usah khawatir. Teman-teman bisa memanfaatkan website yang bernama Canva. Apa itu Canva? Canva adalah salah satu situs yang menyediakan berbagai template yang bisa kita gunakan untuk membuat desain promosi. Di website Canva tersedia banyak sekali gambar dan fitur yang bisa kita pilih.

Agar bisa menggunakan Canva, kita harus daftar dan login terlebih dahulu menggunakan email atau akun facebook. Di sini saya tidak akan memberikan tutorial gimana caranya daftar di Canva atau gimana caranya membuat desain promosi di Canva. Banyak sekali blogger dan youtuber yang memberikan tips dan triknya di internet. Teman-teman silahkan cari di google atau di youtube dengan mengetikan kata kunci "cara membuat desain menggunakan Canva"

Bikin-Desain-Promosi-Sendiri-Lebih-Kreatif-Dan-Hemat-Anggaran.jpg

Berhubung saya seneng desain, suka menggambar dari kecil. Untuk membuat desain promosi saya sudah jarang menggunakan Canva. Untuk foto atau gambar saya desain pakai photoshop. Untuk video saya pakai filmora. Sesekali kadang pakai power point atau corel draw. Sementara illustrator saya pakai khusus untuk jualan vektor di shutterstock. Selain Canva teman-teman juga bisa memanfaatkan website penyedia gambar seperti pixabay, freepik, unsplash, dan pexels.

Sama seperti Canva, kita bisa menggunakan foto-foto yang ada di website penyedia gambar secara gratis. Semua artikel yang saya posting di blog ini fotonya hampir semuanya saya download dari pixabay. Sebagai bentuk apresiasi kepada pemilik foto saya cantumkan link sumbernya. Meskipun foto-foto yang ada di situs penyedia gambar bisa kita gunakan secara gratis moral dan etika dalam berbisnis tetap harus kita kedepankan.

Balik lagi ke desain promosi. Jika teman-teman tidak bisa menggunakan aplikasi atau malas utak-atik Canva. Teman-teman bisa memanfaatkan jasa freelancer. Banyak sekali desainer yang menawarkan jasa desain promosi. Sebagai rujukan teman-teman bisa kunjungi www.fastwork.id silahkan dicari freelancer yang portofolionya cocok dengan selera teman-teman. Tapi saran dari saya enakan bikin desain promosi sendiri. Selain menguji kreatifitas, kita juga bisa menghemat anggaran.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url