Makanan Pedas Bisa Membuat Gigi Gampang Keropos

Makanan-Pedas-Bisa-Membuat-Gigi-Gampang-Keropos
APAKAH
makanan pedas bisa membuat gigi gampang keropos? Dari segi ilmiah mungkin butuh penelitian khusus. Sekedar referensi Anda bisa mencari informasinya di google. Tapi sesuai yang saya alami, gigi saya menjadi keropos bisa jadi dari makanan pedas yang biasa saya konsumsi tiap hari.

Dalam dunia kesehatan tentu kita sering mendengar. Makan makanan yang sehat dan bergizi akan membuat tubuh kita sehat, kuat, dan bugar. Bahkan, sejak masih SD kita sudah dikenalkan dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang sehat dan bergizi sangat baik untuk perkembangan otak, pembentukan tulang, dan organ-organ tubuh yang lain.

Pertanyaannya, apakah selama ini kita makan makanan 4 sehat 5 sempurna? Apakah makanan yang kita konsumsi setiap hari mengandung vitamin dan gizi yang tinggi? Atau jangan-jangan makanan dan minuman yang kita konsumsi seringnya makanan junk food dan minuman soft drink?

Makanan-Pedas-Bisa-Membuat-Gigi-Gampang-Keropos

Kalau boleh jujur, saya pribadi, termasuk orang yang suka makan sembarangan. Saya jarang makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kalau pun sering, porsinya bisa dibilang kurang atau lebih. Untuk makanan saya lebih sering mengandalkan mood. Misal hari ini ingin makan A. Saya harus makan A. Tidak mau B.

Kembali ke soal apakah makanan pedas bisa menyebabkan gigi gampang keropos. Dari sisi ilmiah tadi sudah saya jelaskan. Saya bukan orang yang kompeten untuk menjawabnya. Yang ingin saya ceritakan di sini adalah pengalaman pribadi yang mudah-mudahan bisa Anda ambil sebagai pelajaran.

Saya penikmat gorengan, mie ayam, mie bakso, ketoprak, lengko ayam, bubur ayam, nasi TO (tutug oncom), nasi uduk, sate, soto, yang kesemua makanan tadi tidak enak rasanya kalau dimakannya tidak pakai cabai atau bumbu pedas. Makan-makanan yang saya sebutkan tadi memang tidak saya makan bareng setiap hari. Saya menyantapnya bergiliran. Selang-seling.

Sekarang mari kita analisa. Jika dalam seminggu semua makanan tadi saya santap bergiliran. Dan semuanya saya makan pakai cabai atau ditambahin bumbu pedas. Berarti selama satu minggu saya makan makanan pedas tanpa henti. Sementara yang namanya waktu hitungannya bukan cuma minggu. Melainkan ada bulan ada tahun. Itu artinya, saya makan makanan pedas sudah berbulan-bulan sudah bertahun-tahun.

Dengan fakta seperti itu, tidak usah heran jika gigi saya, terutama gigi geraham, yang kiri dan yang kanan, satu persatu mulai keropos dan berlubang. Gigi menjadi keropos dan berlubang tentu tidak ujug-ujug. Pasti ada prosesnya. Prosesnya bisa dari panas dalam yang simultan, kontinyu, dan persisten akibat keseringan makan makanan yang pedas.

Kalau boleh jujur. Gigi keropos dan berlubang itu tidak enak. Ngunyah makanan jadi kurang sempurna. Seperti ada yang mengganggu dan mengganjal. Setelah makan pun kita jadi punya aktifitas tambahan yaitu matah-matahin tusuk gigi. Buat Anda yang ingin giginya tidak cepat keropos dan berluang. Saran dari saya, hindari makan makanan yang pedas. Jangan keseringan makan makanan yang pedas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url