Tips Mengobati Rasa Kurang Percaya Diri

KURANG percaya diri bisa dialami oleh siapa saja. Termasuk oleh diri kita. Penyebabnya banyak, bisa dari faktor internal, bisa juga dari faktor eksternal. Penyakit yang satu ini setahu saya tak memandang usia, status, bahkan jenis kelamin. Mau tua, mau muda. Mau perempuan, mau laki-laki. Pasti banyak yang mengalami. Jika Anda termasuk salah satunya. Tips-tips yang akan saya bagikan dibawah ini, mudah-mudahan bisa menjadi referensi.

Untuk mengobati rasa kurang percaya diri, caranya ada empat.

Tips-Mengobati-Rasa-Kurang-Percaya-Diri.jpg

Pertama – Bekerja Keras.
 

Ya, di mana pun Anda bekerja. Baik itu di perusahaan swasta, supermarket, konveksi, pabrik, jual es keliling, ojeg, supir angkot, salesman, atau apa saja. Anda harus bekerja keras. Tanamkan dalam diri Anda semangat yang membara. Jangan beri peluang sedikit pun pada rasa malas untuk masuk ke dalam pikiran Anda. Dengan bekerja keras, pundi-pundi penghasilan pun akan masuk ke dalam kantong Anda. Ketika penghasilan Anda bertambah, rasa kurang percaya diri pun dengan sendirinya akan hilang.

Kedua – Merubah Penampilan. 

Tak bisa dipungkiri memang, penampilan termasuk salah satu penyebab mengapa kita merasa kurang percaya diri. Coba perhatikan penampilan Anda, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Apakah rambut Anda gondrong? Apakah kumis, jambang, atau janggut Anda belum Anda cukur? Kalau iya, segera rapikan. Jangan lupa, cara berpakaian Anda juga harus Anda rubah. Usahakan mulai saat ini, Anda harus ganti baju/celana minimal 1X sehari.

Tips-Mengobati-Rasa-Kurang-Percaya-Diri.jpg

Ketiga – Sosialisasi (Gaul) 

Jika Anda sudah bekerja keras dan penampilan Anda sudah Anda rubah. Mari kita lanjut ke cara yang ketiga. Cara yang ketiga yaitu Anda harus banyak bergaul. Ikuti acara-acara seperti pengajian muda-mudi, gotong royong membersihkan jalan/selokan, lauching buku, seminar bisnis, pelatihan keterampilan, atau kegiatan-kegiatannya lainnya yang ada di sekitar Anda. Jalin silaturahmi dengan mereka, baik itu tetangga, peserta pelatihan bisnis atau panitia seminar. Saya yakin, dengan banyaknya teman/kenalan, hidup Anda akan semakin bergairah. Pikiran Anda pun tidak lagi disibukan oleh perasaan takut, cemas, dan khawatir yang biasanya bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Ke empat – Menambah Pengetahuan. 

Terakhir, Anda harus menambah pengetahuan. Bila selama ini Anda jarang baca buku, tak pernah beli majalah/koran, atau browsing di internet. Mulai saat ini Anda harus membaca buku, membeli majalah/koran yang sesuai dengan minat Anda, dan sering-sering juga membuka internet, searching di Google atau Youtube semua informasi yang ingin Anda cari. Jadi, ketika Anda ngobrol sama orang lain, Anda tidak lagi ketinggalan pengetahuan. Ngobrol masalah apapun pasti akan nyambung.

Demikian tips yang bisa saya berikan. Semoga setelah membaca postingan saya ini Anda bisa bangkit dan siap memulai hidup baru dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi. Amiin.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url