Jangan Kecewakan Pelanggan Part 2 (Habis)


Jangan-Kecewakan-Pelanggan-1
INI artikel lanjutan saya yang kemarin ya. Bagi teman-teman yang belum baca kisahnya silahkan baca dulu biar nyambung. Bagi teman-teman yang sudah tahu yuk kita lanjut lagi. Apakah kekecewaan saya terhadap toko A sudah selesai? Untuk laptop punya saya, karena sudah hidup lagi, sudah diinstall ulang di toko B, kasusnya sudah selesai. Toko A menyuruh saya untuk ganti harddisk mungkin sudah bosen didatangin saya terus. Tapi saya masih tetap kecewa dengan toko A. Karena lagi-lagi mengecewakan saya.

Berhubung harddisk laptop saya sudah bad sektor. Sama toko B saya disaranin jangan install software-software lain selain bawaan asli dari windows. Untuk jaga-jaga dari kemungkinan terburuk, saya copy data-data penting yang ada di laptop saya ke laptop punya sepupu saya. Jadi kalau nanti laptop saya error, bermasalah lagi, saya tidak akan stress karena data-datanya sudah diselamatkan. Sudah ada di laptop sepupu saya.

Jangan-Kecewakan-Pelanggan-2
Sayangnya, laptop sepupu saya keyboard-nya sudah error. Angka 7 nya nggak jalan. Saya jadi kefikiran buat ngebetulin keyboardnya biar jalan lagi. Laptop sepupu saya tadinya mau saya pinjam, mau saya gunakan buat bikin video marketing. Jadi sehari-hari saya beraktifitas dengan dua laptop. Karena laptop punya sepupu dulu belinya di toko A juga. Kalau mau dibetulin keyboardnya kemungkinan saya bawa ke sana lagi. Laptop punya sepupu saya belum pernah diinstal ulang, jadi kalau dibetulin di toko A sepertinya nggak ada masalah.

Dua minggu yang lalu, saya coba bawa laptop sepupu saya ke toko A. Bukan mau dibetulin tapi mau dicek dulu, angka 7 nggak muncul itu apa karena keyboardnya sudah rusak atau harus diinstal ulang? Nah, pas dicek di toko A, kata teknisinya keyboardnya sudah rusak harus diganti. Keyboard yang baru harganya Rp 375.000. Kalau mau sekalian diinstall ulang jadi Rp 475.000. Karena belum ngasih tahu sama sepupu saya, saya bawa pulang lagi, saya mau bilangin dulu ke sepupu saya.

Jangan-Kecewakan-Pelanggan-3
Tapi pas nyampe di rumah, keyboardnya jadi mati. Sebelum dibawa ke toko A keyboard-nya masih jalan, cuma angka 7 saja yang error. Setelah dicek di toko A, keyboardnya dibongkar dicungkil pake obeng, keyboardnya jadi sama sekali nggak jalan. Saya bener-bener kecewa sama toko A. Laptop yang tadinya masih bisa dipakai sekarang jadi nggak bisa dipakai lagi. Saya jadi kapok mau nyervis atau beli laptop di sana lagi.

Pelajaran yang bisa diambil oleh teman-teman. Kalau teman-teman sekarang sedang berjualan, mau jualan online atau offline, tolong jangan kecewakan pembeli. Apalagi sama konsumen yang sudah berlangganan. Pelanggan itu harus diistimewakan. Kalau bisa kasih diskon atau voucher gratis biar mereka order terus menerus.

Nyari konsumen baru itu susah. Apalagi sekarang persaingan makin ketat. Pelanggan lama itu harus kita kelola dengan baik. Faktor utama dalam jual beli adalah kepercayaan. Kalau sudah dikecewakan, pelayanannya tidak memuaskan, pelanggan sudah tidak percaya lagi dengan perusahaan kita. Jangan salahkan mereka kalau belinya pindah ke toko yang lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url