Jangan Kecewakan Pelanggan Part 2 (Habis)
INI artikel lanjutan saya yang kemarin ya. Bagi teman-teman yang belum baca kisahnya silahkan baca dulu biar nyambung. Bagi teman-teman yang sudah tahu yuk kita lanjut lagi. Apakah kekecewaan saya terhadap toko A sudah selesai? Untuk laptop punya saya, karena sudah hidup lagi, sudah diinstall ulang di toko B, kasusnya sudah selesai. Toko A menyuruh saya untuk ganti harddisk mungkin sudah bosen didatangin saya terus. Tapi saya masih tetap kecewa dengan toko A. Karena lagi-lagi mengecewakan saya.
Berhubung harddisk laptop saya sudah bad sektor. Sama toko B saya disaranin jangan install software-software lain selain bawaan asli dari windows. Untuk jaga-jaga dari kemungkinan terburuk, saya copy data-data penting yang ada di laptop saya ke laptop punya sepupu saya. Jadi kalau nanti laptop saya error, bermasalah lagi, saya tidak akan stress karena data-datanya sudah diselamatkan. Sudah ada di laptop sepupu saya.
Dua minggu yang lalu, saya coba bawa laptop sepupu saya ke toko A. Bukan mau dibetulin tapi mau dicek dulu, angka 7 nggak muncul itu apa karena keyboardnya sudah rusak atau harus diinstal ulang? Nah, pas dicek di toko A, kata teknisinya keyboardnya sudah rusak harus diganti. Keyboard yang baru harganya Rp 375.000. Kalau mau sekalian diinstall ulang jadi Rp 475.000. Karena belum ngasih tahu sama sepupu saya, saya bawa pulang lagi, saya mau bilangin dulu ke sepupu saya.
Pelajaran yang bisa diambil oleh teman-teman. Kalau teman-teman sekarang sedang berjualan, mau jualan online atau offline, tolong jangan kecewakan pembeli. Apalagi sama konsumen yang sudah berlangganan. Pelanggan itu harus diistimewakan. Kalau bisa kasih diskon atau voucher gratis biar mereka order terus menerus.
Nyari konsumen baru itu susah. Apalagi sekarang persaingan makin ketat. Pelanggan lama itu harus kita kelola dengan baik. Faktor utama dalam jual beli adalah kepercayaan. Kalau sudah dikecewakan, pelayanannya tidak memuaskan, pelanggan sudah tidak percaya lagi dengan perusahaan kita. Jangan salahkan mereka kalau belinya pindah ke toko yang lain.