Ilmu Itu Penting

Ilmu-Itu-Penting-1.png
ILMU itu penting. Kalau nggak punya, nggak bisa, atau nggak tau ilmunya, bikin susah. Banyak kejadian yang saya alami yang ada hubungannya dengan ilmu. Saya cerita yang sederhananya saja ya.

Pertama, dulu saya pernah punya sepeda federal, waktu itu bagian pedalnya sudah rusak mau saya ganti. Saya bawa tuh sepeda ke bengkel sepeda. Di sana saya beli pedal yang baru sekalian minta diganti/dipasangin di sana. Tapi yang punya bengkel nggak bisa ngebongkar. Padahal badannya tinggi besar. Saya juga heran, itu pedal alot banget. Dicoba beberapa kali, dengan berbagai kunci, tetep nggak bisa.

Yang punya bengkel akhirnya nyerah. Nyuruh saya pindah ke bengkel sebelahnya, suruh dipasang sama si Abah. Karena penasaran, saya coba minta tolong sama si Abah. Pertama sih sama susah juga. Tapi pas yang kedua kalinya, sebelum ngebuka kunci, si Abah komat-kamit dulu baca doa, eh...itu pedal langsung lepas. Saya langsung geleng-geleng kepala. Takjub. Dalam hati saya berbisik, jangan-jangan si Abah punya tenaga dalam.

Yang ke dua, kemarin saya mau ngedit foto di potoshop. Gambarnya saya ambil di website. Tapi foto yang sudah saya save di laptop, nggak bisa muncul di layar potoshop. Setiap kali saya upload, selalu muncul pop up "file format module cannot parse the file"

Tapi anehnya kalau gambar yang saya ambil dari google, muncul. Bisa saya edit. Seharian saya bingung, udah ngutak-ngatik ini dan itu tetep saja nggak bisa. Eh, barusan saya coba tanya ke salah satu CS. Gimana caranya biar foto yang di website bisa saya edit di potoshop. Si CS langsung ngasih tahu, katanya fotonya harus dibuka dulu di Paint. Udah gitu langsung Save As. Pilih format file. Dan, begitu saya coba, langsung berhasil.

Dari kedua cerita saya itu, untuk menyelesaikan sebuah masalah, caranya sebenarnya sangat sederhana. Tapi karena kita nggak tahu ilmunya, tetep saja susah. Manusia memang tidak ada yang sempurna. Kita boleh punya kelebihan, ahli di bidang tertentu misalnya, tapi kita tetep punya kekurangan, kita kurang ahli di bidang yang lain.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari cerita saya di atas, agar kita bisa ahli di bidang yang kita sukai, otomatis kita harus belajar. Kita harus menuntut ilmu. Karena ilmu itu penting. Kalau nggak punya ilmu, susah. Tapi kalau kita sudah punya ilmu, jangan lupa untuk berbagi. Biar hidup kita berkah, rezeki kita melimpah. Amiin.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url