Sharing Bisnis Ramadhan 2018 Part 1


Sharing-Bisnis-Ramadhan-1.png
Bismillahirrahmanirrahim…

Mudah-mudahan diberi kesehatan dan kemudahan, di bulan suci Ramadhan tahun 1439 Hijriah ini, saya ingin berbagi tips dan trik seputar bisnis baik online atau pun offline. Namun berhubung saya full online (jualan online) trik dan tips seputar bisnis online porsinya mungkin lebih besar ketimbang tips dan trik bisnis offline. Tapi apa pun tips dan triknya mudah-mudahan ada manfaatnya buat teman-teman. Yang perlu dicatat, lewat tulisan ini, saya tidak bermaksud menggurui temen-teman. Saya hanya ingin sharing saja, menceritakan pengalaman saya dalam menjalankan bisnis.

Bagi teman-teman yang ingin mulai berbisnis, barangkali masih bingung hal apa yang pertama kali harus teman-teman lakukan. Menurut pengalaman saya, hal paling mendasar yang harus teman-teman lakukan sebelum berbisnis adalah memperbaiki mindset. Mindset teman-teman harus benar dulu. Mindsetnya seperti apa? Mindsetnya insyaalloh kita bahas sebentar lagi. Saran saya, tolong dicatat dan dipahami agar bisnis teman-teman lancar dan sukses.


Sharing-Bisnis-Ramadhan-2.png
Jika kita ingin berbisnis, teman-teman harus ingat bahwa bisnis itu penuh dengan tantangan. Jadi teman-teman harus benerin mindset dan kuatkan mental dulu. Keputusan teman-teman untuk berbisnis mungkin terinspirasi oleh teman, tetangga, saudara, pacar, mantan pacar, tunangan, orang lain, atau siapa saja. Intinya, teman-teman ingin seperti mereka karena di usia muda sudah bisa beli ini, beli itu, sedekah ini, sedekah itu, relasi bisnisnya banyak, plus kemewahan-kemewahan lainnya yang bikin teman-teman ngiler. Nah, di sini teman-teman harus tahu, kesuksesan dan keberhasilan yang mereka dapat tidak semudah yang kita bayangkan.

Sebelum mereka meraih apa yang mereka dapatkan mereka pasti melalui berbagai rintangan dulu, cobaan dulu, perjuangan berat dulu seperti sakit, terjerat hutang, ketipu, difitnah, ditusuk dari belakang sama partner atau rekanan bisnis, atau hal-hal negatif lainnya yang menguras harta, tenaga, airmata, bahkan jiwa sekalipun. Jadi, kalo teman-teman ingin berbisnis mentalnya harus disiapkan dulu. O iya, ada yang bilang bahwa kita harus berfikir positif jangan berfikir negatif. Itu memang harus dan wajib, tapi dalam berbisnis kejadian-kejadian seperti itu sudah lumrah terjadi. Makanya saya tekankan ke teman-teman harus siap mental.

Sharing-Bisnis-Ramadhan-3.png
Benerin mindset dan kuatkan mental gunanya untuk apa? Gunanya agar teman-teman tidak kaget jika sesuatu yang tidak kita inginkan suatu saat menimpa teman-teman. Kalo tidak diingatkan, takutnya nanti pas teman-teman ngalamin hal-hal yang diluar perkiraan teman-teman jadi limbung, down, yang akhirnya kapok untuk berbisnis. Kalo mindset teman-teman sudah benar dan mental teman-teman sudah kuat, teman-teman nanti sudah tahu bagaimana cara menyikapi semua permasalahan. Sudah punya solusi A solusi B, plan A plan B.

Silahkan dicatat dan dipahami ya. Kalo teman-teman serius ingin berbisnis mindsetnya harus dibenerin dulu. Mentalnya harus dikuatkan dulu. Semoga ada manfaatnya. Besok insyalloh kita lanjut lagi dengan tips dan trik lainnya. Terima kasih. Selamat menjalankan ibadah puasa di hari yang pertama. Semoga kita diberi kesehatan dan kekuatan. Semoga semua amal ibadah kita hari ini ada dalam lindungan dan ridho Allah SWT. Amiin.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url