Banyak Dosa, Ramadhan Tahun Ini Saya Mau Fokus Ibadah!

Banyak-Dosa-Ramadhan-Tahun-Ini-Saya-Mau-Fokus-Ibadah.jpg
SEBENTAR lagi puasa. Jadi ingat dulu. Pertama jualan online itu Ramadhan 2010. Ketika orang lain meraup untung di bulan puasa, lebaran banyak uang. Eh, saya malah mau mulai dagang. Siapa yang mau beli? waktu itu, saya sempet pesimis, tapi karena ingin merubah nasib, terus ada teman yang kasih support. Bismillah, saya jalan terus.


Pertama jualan online, saya jual tas ambil dari teman. Alhamdulillah, ada yang beli. Saya masih ingat konsumen pertama saya namanya Imas Wirdaningsih dari Tembilahan. Waktu itu saya belum tahu TIKI/JNE. Paketnya saya kirim lewat Kantor Pos. Begitu paket nyampe saya dikomplen abis-abisan. Tapi dari sana saya banyak belajar. Saya buka lapak di Facebook namanya "Produsen Tas Murah", tasnya saya beli dari produsen yang buka toko di pasar. Teman Facebook saya ribuan. Orderan tiap hari lancar jaya. Padahal waktu itu belum kenal Fb Ads, belum pakai Blackberry. Orderan masih via sms/telpon.

Ramadhan 2013 saya kena ujian. Facebook jualan saya diblokir sama Facebook gara-gara melanggar ketentuan Facebook. Langganan saya pada kabur. Supplier tasnya juga, nggak tahu kenapa, ikut-ikutan gulung tikar. Kontaknya hilang, toko di pasarnya tutup. Ramadhan 2013 saya kembali ke titik nol. Sepi orderan. Ujung-ujungnya, saya nggak bisa berlebaran. Orang lain piknik, saya diam di rumah pakai sarung sama kaos sangsang.

Ramadhan 2014 saya bangkit lagi, merintis usaha dari nol lagi. Jualan produknya beda lagi. Tapi masih lewat online. Karena memang saya fokusnya di bisnis online. Sekarang sudah tahun 2016, saya nggak bisa banyak cerita, semua pengalaman hidup, yang pahit yang manis, saya syukuri saja. Yang jualan, baik online atau offline, di bulan Ramadhan ini pasti omzetnya ingin naik. Saya doakan semoga cita-citanya tercapai, omzetnya meledak. Amiin.

Tapi kalau boleh jujur, secara pribadi, Ramadhan tahun ini saya udah nggak itung-itungan soal omzet. Rezeki yang saya terima, mau besar atau sedikit, saya syukuri saja. Kenapa? Ramadhan tahun ini saya ingin fokus mendekatkan diri pada Allah SWT. Saya banyak dosa. Selama berkecimpung di dunia online, saya jarang bersosialisasi. Karena setiap hari gaulnya sama laptop, smartphone, paket dan ATM terus. Ramadhan tahun ini saya ingin berkumpul sama teman-teman. Ingin memperdalam ilmu agama lebih khusyuk lagi. Ingin menikmati indahnya Ramadhan seperti masa anak-anak dulu.

Saya udah jenuh. Bisnis online itu kalau udah autopilot, ditungguin nggak ditungguin, dipromoin nggak dipromoin, jualan atau nggak jualan, lagi tidur atau lagi main, yang belanja ada terus. Yang transfer ngalir terus. Jadi, nikmat yang mana lagi yang saya dustakan? Makanya Ramadhan tahun ini saya ingin fokus ibadah saja. Mudah-mudahan saya diberi kekuatan dan bisa istiqomah menjalankannya.

NB. Semoga kita semua masih diberi kesempatan untuk menikmati jamuan istimewa dari Sang Maha Rahman & Maha Rahim. Amiin.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url