Enaknya Makan Pecel Lele



enaknya-makan-pecel-lele
SELAIN Nasi Goreng dan Nasi Padang, saya suka sama Pecel Lele. Saya makan Pecel Lele kadang seminggu 2X, kadang seminggu 3X. Semalam juga saya makan Pecel Lele. Seperti makan Nasi Goreng dan Nasi Padang, makan dengan Pecel Lele itu sensasinya beda banget. Enak sekali pokoknya. Beda jika saya makan dengan ayam bakar atau ayam goreng. Mungkin karena terlalu sering, makan dengan ayam bakar dan ayam goreng, rasanya biasa-biasa saja.

Di Tasikmalaya, seperti halnya di Kota-Kota lain, yang jual Pecel Lele itu banyak. Boleh dibilang hampir tiap perempatan, atau tiap belokan, ada yang jual Pecel Lele. Kendati begitu, tidak semua penjual Pecel Lele saya singgahi. Saya hanya beli Pecel Lele di depan Asia Plaza saja. Tapi itu juga tidak lama. Berhubung di dekat rumah saya yang jualan Pecel Lele sekarang banyak. Saya sudah tidak beli/makan Pecel Lele lagi di sana.
Salah satu langganan saya, jualannya depan Kantor PDAM. Pecel Lele-nya itu enak banget. Lelenya besar-besar. Jauh dengan Pecel Lele yang biasa saya beli di depan Asia Plaza. Udah gitu, sambalnya juga pakai bumbu kacang. Mantap abis pokoknya. Kalau pun ada kekurangan, paling di lalap-lalapan. Lalapnya cuma mentimun dan daun kol saja. Tak ada serawung. Padahal Pecel Lele itu identik dengan daun serawung.

Semalam, waktu saya beli Pecel Lele lagi. Masalah daun serawung itu saya obrolin lagi ke orangnya. "Masa jualannya laku, tidak kebeli daun serawung. Daun serawung paling harganya berapa sih? Nggak mahal-mahal amat kan kayak harga jengkol?" Si Mbak yang jual Pecel Lele itu akhirnya manggut-manggut. Katanya janji, mulai besok lalapnya pasti pakai daun serawung.

O iya lupa, tadi kan saya bilang pedagang Pecel Lele langganan saya itu jualannya di depan Kantor PDAM. Karena Kantor PDAM tengah direnovasi, katanya dilarang jualan lagi di sana. Sudah 10 hari, si Mbak pindah jualan. Sekarang si Mbak jualannya di samping Minimarket Al-Muslim. Konon, ini curhat si Mbak sama saya, jualan di depan Kantor PDAM sama di samping Minimarket Al-Muslim beda banget. Jika di depan Kantor PDAM tiap malam minggu si Mbak cuma dapat untung Rp. 200.000. Kalau di samping Al-Muslim malam minggu kemarin katanya si Mbak dapat untung Rp. 650.000.

Bagi Anda yang suka jualan, apapun dagangannya, postingan saya ini mungkin sangat menarik. Bukan masalah Pecel Lele-nya. Tapi masalah lokasinya. Ya, ternyata jualan di tempat yang strategis itu benar-benar menguntungkan. Perlu Anda ketahui, Kantor PDAM sama Minimarket Al-Muslim itu kondisinya jauh banget. Meski masih satu jalur, masih di Jln. Perintis Kemerdekaan, Kantor PDAM itu jika malam suka sepi. Kalau Al-Muslim, mau siang mau malam, ramai terus. Makanya, beruntung sekali si Mbak bisa dapat tempat jualan di sana.

Nah, untuk Anda yang suka jualan. Sekali lagi, apa pun itu dagangannya, kalau dagangan Anda ingin laku kayak pedagang Pecel Lele langganan saya. Carilah tempat yang strategis. Di tempat-tempat keramaian kayak di samping atau depan Mall/Minimarket gitu. Saya doakan semoga jualannya laris manis. Amiin.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url