Gara-Gara Kokok Ayam

 

Gara-Gara-Kokok-Ayam-1.jpg
AYAM adalah binatang yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Siapa yang tidak suka makan daging ayam? Kecuali Anda seorang vegetarian, dalam satu minggu Anda pasti pernah makan daging ayam. Daging ayam itu enak. Hampir semua orang suka mengkonsumsi daging ayam.

Saya termasuk penyuka daging ayam. Saat menulis artikel ini saya habis makan daging ayam. Ayam goreng bikinan mertua. Saya lagi di rumah mertua. Istri kangen sama kampung halaman. Anak kangen sama neneknya. Karena sudah lama nggak nengok mertua. Kemarin pagi kita bertiga berangkat ke rumah mertua.


Gara-Gara-Kokok-Ayam-2.jpg
Ayam goreng bikinan mertua sangat spesial. Ayamnya ayam kampung asli bukan ayam boiler. Ayam kampung rasanya lebih enak dan kenyal. Yang lebih spesial lagi ayam goreng bikinan mertua bukan beli dari pasar atau dari tetangga. Tapi ayam peliharaan. Mertua melihara ayam kampung. Jumlahnya cukup banyak. Kalau hari raya atau kedatangan anak istri dan menantu. Salah satu ayamnya suka disembelih.

Semalam saya tidak bisa tidur. Anak saya beberapa kali ngelindur. Awalnya anak saya ketiduran di ruang tamu. Terus dipindahin ke kamar neneknya. Tapi jam 10 malam anak saya nangis. Sama neneknya digendong dipindahin ke kamar depan. Kamar depan adalah kamar yang biasa dipakai tidur saya dan istri. Karena anak saya ngelindur terus. Saya baru bisa tidur sekitar jam satu dini hari.

Gara-Gara-Kokok-Ayam-3.jpg
Nah, baru satu jam tertidur tiba-tiba saya dikagetkan oleh kokok ayam. Saya lihat Handphone baru jam 2 malam. Ayam-ayam itu terus berkokok. Suaranya sangat bising. Kandang ayam letaknya ada di pinggir kamar. Suara kokok ayam itu terdengar nyaring sekali. Gara-gara kokok ayam itu saya jadi teringat masa kecil. Dulu saya sering dengar ayam berkokok. Waktu saya masih anak-anak banyak tetangga yang melihara ayam.

Sekarang, di kampung saya jarang ada yang melihara ayam. Apalagi ayam kampung. Sangat sulit sekali. Kalau mau lihat ayam kita harus pergi ke pasar. Di pasar banyak yang jual ayam. Tapi kalau kita mau makan sama daging ayam. Kita nggak harus pergi ke pasar. Hampir tiap perempatan ada yang jual goreng ayam, bakar ayam dan fried chicken. Saya dan istri suka makan ketiga-tiganya. Kecuali anak saya. Dia tidak suka bakar ayam. Alasannya bikin geli. Dia tidak suka bakar ayam karena warnanya kehitam-hitaman.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url