Cara Membuat Sambal Pecel Lele



Cara-Membuat-Sambal-Pecel-Lele.jpg
CARA membuat sambal pecel lele. Bagi Anda yang suka makan pecel lele, pasti nggak akan enak kalau makan pecel lelenya nggak pakai lalap dan sambal. Nah, pada postingan kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat sambal pecel lele yang enak. Tips ini saya dapat langsung dari pedagang pecel lele langganan saya. Sekedar informasi, dari semua pedagang pecel lele di Kota Tasikmalaya yang sempat saya singgahi, hanya pedagang pecel lele yang satu ini yang paling enak sambalnya.

Saking enaknya, saya jadi penasaran ingin tahu bagaimana cara membuatnya. Lalu saya mencoba melakukan pendekatan. Dan alhamdulillah, karena sudah langganan, pedagang pecel lele itu mau membagikan tips cara membuat sambal pecel lelenya pada saya. Untuk mempersingkat waktu, jika Anda ingin membuat sambal pecel lele di rumah, kita langsung praktek saja!

Pertama, sediakan garam, penyedap rasa, 1 siung bawang putih, 3 atau 4 siung bawang merah, cabai, kacang tanah, gula merah, dan terakhir tomat.

Ke dua, jika kacang tanahnya masih mentah, sebaiknya digoreng dulu sampai matang. Tapi kalau Anda beli kacang tanahnya di warung atau di supermarket sudah dalam kondisi matang, siap untuk dikonsumsi, kacang tanahnya tidak usah digoreng lagi.

Ke tiga, 1 siung bawang putih dan 3 atau 4 siung bawang merah yang sudah dikupas kulitnya Anda goreng bareng sama cabai. Untuk cabai, jumlahnya disesuaikan saja dengan selera Anda. Kalau Anda suka sambal pedas, minimal 10 biji atau 15 biji. Tapi, kalau tidak suka sambal pedas 5 atau 7 biji juga sudah cukup. Goreng sekitar 2 sampai 3 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan.

Ke empat, giliran tomatnya sekarang yang digoreng. Jumlah tomatnya disesuaikan dengan selera Anda. Kalau banyak orang, mau makan ramai-ramai, tomatnya harus banyak minimal 10 atau 15 biji. Tapi kalau untuk makan sendiri atau makan sama keluarga, 4 atau 5 biji juga sudah cukup. Goreng sampai warna tomatnya berubah agak kecoklatan.

Nah, setelah bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomatnya Anda goreng. Langkah selanjutnya adalah,

Ke lima, ulek 1 siung bawang putih, 3 atau 4 siung bawang merah, dan cabai di atas ulekan. Jangan lupa masukan garam dan penyedap rasa secukupnya. Setelah itu masukan gula, ulek sampai halus. Kemudian masukan kacang tanah yang sudah digoreng, ulek sampai halus. Dan terakhir, masukan tomat, ulek sampai halus. Ulek rata sampai semua bahan-bahannya menyatu.

Ke enam, atau tips yang terakhir, Anda cicipi sambal buatan Anda itu sedikit, dan jreng…jreng…jreng…sambal pecel lelenya sudah jadi. Siap untuk Anda konsumsi. Biar lebih mantap, jangan lupa siapkan mentimun, daun kol, dan daun serawung sebagai lalapnya. Demikian tips cara membuat sambal pecel lele yang enak versi saya. Semoga bermanfaat!
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Loker Priangan
    Loker Priangan 26 Desember 2013 pukul 09.41

    Sama-sama gan, tiap orang punya selera masing-masing, saya hanya membagikan tips yang saya lihat saja :-)

Add Comment
comment url