Analisis Pilgub Jabar 2013



Pasangan Dikdik Mulyana – Cecep Toyib

Datang dari perseorangan, sejak awal sudah tak diperhitungkan. Karena tak banyak masyarakat yang mengenalnya. Meraih suara 10% saja sudah termasuk beruntung.

Pasangan Yance – Tatang.

Selain sudah tua, kedua pasangan ini hanya terkenal di Jabar bagian utara dan Priangan Timur saja. Prestasi yang mereka raih selama menjabat sebagai Bupati, tak cukup menarik minat masyarakat untuk memilihnya. Masyarakat yang memilih pasangan ini mayoritas PNS yang umurnya sudah tua.

Pasangan Dede – Lex.

Dede diusung oleh partai besar yang sedang bermasalah. Klaim bahwa Ahmad Heryawan bisa menjadi Gubernur karena popularitasnya, akhirnya membuat Dede percaya diri untuk mencalonkan diri mejadi orang nomor satu di Jawa Barat. Sayang, Dede menggandeng Lex yang kurang populer di mata masyarakat. Seandainya Dede menggandeng Dr. Herman Sutrisno, Walikota Banjar. Mungkin raihan suaranya akan melonjak tajam. Terakhir, selama ini Dede dikenal sebagai Duta Persib. Kita tahu 99% masyarakat Jabar adalah Bobotoh. Jika melihat fakta tersebut, peluang Dede untuk menang sangatlah besar. Lagi-lagi sayang, buruknya permainan Persib, terutama kekalahan Persib atas Persisam dan Mitra Kukar, membuat Bobotoh banyak yang kecewa.

Pasangan Aher – Deddy Mizwar.

Aher adalah seorang incumbent. Kompetitor sehebat apa pun sulit untuk mengalahkan incumbent. Kehadiran artis sekaliber Dedi Mizwar semakin menaikan pamornya. Fakta bahwa masyarakat Jabar memilihnya kembali untuk memimpin Jabar, mau tidak mau, suka tidak suka, harus kita terima.

Pasangan Rieke – Teten.

Di mata buruh, Rieke dan Teten adalah sosok Pahlawan. Sayang, banyak buruh yang tak diizinkan oleh perusahaannya untuk mengunakan hak pilih. Raihan suara pasangan ini pun akhirnya melorot. Tapi itu hanya salah satu. Faktor yang paling krusial tentu masalah formasi. Seandainya Teten yang jadi Gubernur dan Rieke yang jadi Wakil, ceritanya mungkin akan lain.

Ups, ini hanya analisis pribadi saya ya. Tolong, jangan dianggap serius!Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url