Tips Agar Flashdisc Anda Aman Dari Virus

FLASHDISK Anda kena virus? Data-data penting yang Anda simpan di dalam flashdisc tak bisa dibuka atau dibaca sama sekali? Jangan khawatir! Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi tips sederhana, bagaimana agar flashdisk Anda aman dari serangan virus. Untuk mempersingkat waktu, berikut tips-tipsnya:

Kalau Anda tidak punya laptop/komputer di rumah, 
flashdisk Anda sering keluar masuk warnet yang rentan sekali dengan virus. Sebelum membukanya, biasakan dulu untuk di-scan dengan software anti virus seperti Avira, Avast, PC Max, atau Smadav.

Tips-Agar-Flashdisk-Anda-Aman-Dari-Virus.jpg

Pertama: Carany, masukan 
flashdisk Anda ke dalam colokan USB – Setelah itu buka Windows Explorer – Arahkan mouse Anda ke sisi kiri, cari tulisan “Computer, Local Disc” (flashdisk Anda biasanya muncul di Disc (F) atau Disc (G), - Kalau sudah ketemu, klik kanan mouse Anda, lalu cari tulisan “Scan Selected Files With Avira/Avast/PC Max/Smadav” – setelah itu klik ENTER – tunggu proses scan flashdisk Anda hingga selesai 100%.

Kedua: Data yang rusak akibat serangan virus, biasanya file Microsoft Word. Saya juga dulu pernah mengalaminya. Waktu filenya di-klik, tidak bisa dibuka atau dibaca. Agar file Microsoft Word Anda aman dari virus.

Copy paste file Anda ke dalam lembaran Microsoft Word yang baru – Lalu Save (ctrl + S) – cari tulisan “file name” dan “save as type”. Di kolom “file name” kasih nama file Anda sesuai keinginan Anda. Di kolom “save as type” pilih format file “Rich Text Format” – setelah itu SAVE.

Ketiga: Anda tahu kan yang namanya folder? Data-data pribadi kita biasanya suka disimpan di dalam folder. Misal, file yang berformat 3gp, disimpan di dalam folder bernama “Video”. File yang berformat mp3, disimpan di dalam folder bernama “Music”. Nah, agar data-data file di dalam 
flashdisk Anda aman dari serangan virus. Sebaiknya jangan disimpan di dalam satu folder atau beberapa folder. Biarkan saja file-file Anda bercampur di dalam sebuah flashdisk. Toh, setiap file pasti sudah Anda beri nama sebelumnya.

Kalau mau dibuka, tinggal cari saja nama file tersebut dengan cara disortir. Kenapa? Karena virus sangat suka dengan yang namanya folder. Ibarat rumah, virus akan senang tinggal di dalam folder, merusak/mengacak-acak semua yang ada di dalamnya.

Demikian tips sederhana agar 
flashdisk Anda aman dari serangan virus. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang lebih tahu bagaimana agar file-file kita aman dari serangan virus, mohon inputnya ya di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url