Setengah Matang


Setengah-Matang-1.jpg
PESEN pecel lele dibungkus. Begitu sampai di rumah, ikan lelenya masih setengah matang. Kalau ikan bakar setengah matang, udah biasa, tinggal diguyur kecap manis, rasanya gurih-gurih sedap. Kalau ikan lele (saya belum pernah makan bakar ikan lele) setengah matang, dimakan itu rasanya bikin mual. Baru kali ini saya ngerasain makan pecel lele setengah matang.


Besoknya saya coba pesan bebek goreng. Sama dibungkus juga. Pas sampai rumah. Dibuka lagi. Masih setengah matang juga. Saya tidak habis fikir. Jualannya katanya sudah lama. Sudah lebih dari sepuluh tahun. Tapi kok pelayanannya seperti itu. Tidak bisa membedakan mana yang sudah matang mana yang baru setengah matang.

Setengah-Matang-2.jpg
Karena penasaran. Pengen mastiin. Besoknya saya coba pesan pecel lele lagi. Tapi sebelum digoreng saya bilang ke penjualnya, goreng lelenya harus matang. Pas sampai rumah. Dibuka. Tetep masih setengah matang juga. Waduh. Berarti ini sudah habit. Sudah kebiasaan. Jangan-jangan sama yang lain juga seperti itu. Goreng ikan lele dan bebeknya suka setengah matang.

Saya tidak bisa membayangkan. Gimana kalau yang saya pesan itu ayam goreng. Entah seperti apa rasanya? Saya beli pecel lele di sana karena lokasinya di seberang mini market langganan saya. Jadi nggak bolak-balik. Belanja kebutuhan sehari-hari sama makannya sekalian. Di satu tempat. Lebih praktis. Lebih hemat.

Saya kesengsem dengan warung lesehan tersebut karena sambalnya enak. Sambalnya mirip warung lesehan yang di pusat kota. Langganan saya juga. Tapi kalau pelayanannya seperti itu. Saya jadi berfikir dua kali untuk beli di sana lagi. Itu baru dari pecel lele dan bebek goreng. Belum soal air minum.

Setengah-Matang-3.jpg
Di warung lesehan lain, kalau saya minta air minum dibungkus suka dikasih. Di warung lesehan tersebut, sebenarnya dikasih juga, tapi berbelit-belit. Tiap minta air minum dibungkus. Alasannya selalu tidak ada plastik. Adanya kantong kresek. Yang bikin saya heran. Di seberang kan ada minimarket. Kenapa nggak beli kantong plastik saja di sana. Tinggal nyebrang doang apa susahnya?

Habis air minum. Lanjut ke piring. Saya pernah dua kali makan di sana. Piringnya asal-asalan. Bukan piring khas warung lesehan. Tapi piring hadiah sabun cuci. Yang bening itu. Ibu-ibu di rumah pasti pada punya. Di rumah saya juga banyak.

Nah, saya makan pecel lele disana pakai piring hadiah sabun cuci. Tapi tidak apa-apa. Buat saya tidak jadi masalah. Soal air minum juga okelah. Nggak apa-apa. Yang jadi masalah ya itu tadi. Kenapa setiap kali saya pesen pecel lele dan bebek goreng di sana, digorengnya suka setengah matang?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url